Tuesday 31 March 2015

Suka Duka Anak Bontot

Anda anak terakhir?? kalo iya berarti toss dulu, kita sama!!! saya terlahir sebagai anak terakhir dari 11 bersaudara...haaaaaahhhhhhhh 11? kenapa lo? kaget? sama gw juga, hihhihi..iya emang beneran 11 bersaudara, tapi yang masih hidup tinggal 8, 3 orang saudara saya telah terlebih dahulu menghadap sang illahi jauh sebelum saya lahir.

Well, saya terlahir dari keluarga sederhana, sederhana banget malahan, termasuk golongan menengah kebawah, bapak ibu hanya mampu menyekolahkan kami sampai jenjang SMA itupun tidak semua, karena kondisi ekonomi yang sulit, bapak dan ibu itu wiraswasta nyari duit sekarang buat makan besok, makannya pun nasi sayur doang, makan ayam dan lauk ya kadang-kadang aja kalo ada duit lebih.

Dari kecil saya terbiasa dekat dengan ibu, kemanapun ibu pergi saya ikut, ibu ke pasar saya selalu ngekor sambil pegangan rok ibu, ibu cuci piring saya setia duduk nunggu didepan ibu, ibu nyuci baju disungai saya rela panas-panasan duduk diatas batu nunggu ibu selese nyuci baju (mandorin ini namanya, hahaha) pokoknya padangan saya tak pernah lepas dari ibu..bahkan saya nenen ibu itu sampe usia 5 tahun...

Saya anak yang paling sering digendong sama bapak dan ibu, kemanapun diajak, mau tidur dikelonin, makan disuapin, sampe SMP saya mandi masi suka bareng ibu (hadeehh...!!!!!) baru setelah sekitar beberapa bulan masuk SMP saya udah gak mau lagi mandi sama ibu. Tapi kalo tidur sama ibu si tetep lanjut sampe SMA, dan acara minta ditemenin ke kamar mandi pas malem itu masi berjalan sampe sekarang loh, hahahaha. Kalo kemana-kemana saya selalu diawasi ibu, eh dulu pernah ya usia 4  tahunan saya diajak temen main ke tempat tetangga, deket loh jaraknya, gak sampe 200m, terus dijalan temen saya itu dijemput ibunya diajakin kepasar, saya ditinggal gitu aja, dan u know apa yang terjadi?? saya gak bisa pulaaaaaaaaaaannnngggggg..idih malu-maluin banget untung ada abang yang pas lewat, nemuin saya lagi nangis kejer karena gak bisa balik kerumah.huhft

Tapi itu cuma sedikit cerita aja, kadang saya ini suka dimusuhin abang-abang saya..Fyi saya anak cewek satu-satunya, sebenernya 2 sih, tapi mbak saya udah rumah tangga sendiri dari saya umur 2tahunan dan udah ngikut suami. Ya dimusuhi karena selalu jadi anak yang paling disayang sama orang tua..dan selalu gak bisa lepas dari orang tua, saya yakin banget deh dulu itu saya suka disumpahin ama abang-abang saya, hihihihi

Kadang siabang suka bilang kalo saya tuh anak yang gak diharapkan, gak direncanakan, karena kebobolan aja, makannya diusia 40th ibu saya masih hamil saya..dan yang menyakitkan bapak ibu nge iya in aja,,,kalo saya ini tak sengaja jadi, malah dibilang sama ibu "tuh idung aja dikit banget, bahannya udah gak ada" huhhhftttt.. tapi kadang ibu bilang ke orang-orang kalo ibu tuh gak akan berhenti punya anak kalo belum dapet cewek, dan alhamdulillah saya cewek, dengan begitu saya merasa kalo emang kehadiran saya sangat diharapkan, gak tau itu si ibu beneran tulus dari hati ato cuma boong-boongan aja bilang begitu ke para tetangga, hahahaha

Cerita itu semua tadi berubah ketika saya lulus SMK, waktu itu saya ngelamar kerja, iseng-iseng ikutan program beasiswa dari sebuah BUMN, alhamdulillah 1 sekolahan cuma saya aja yang lolos, dan saya harus kuliah di semarang,,waooww drastis banget, dari sebelumnya belum pernah lepas dari nenen ibu, dan mulai saat itu juga saya harus pisah, bahkan setiap tes ke semarang saya harus pergi sendiri, pernah si berangkat bareng temen, saya nebeng ikutan tidur di rumah sodara dia, tapi disana saya dijahatin, padahal saya bayar loh..tapi disana saya gak pernah boleh tidur di kasur sam temen saya itu, bilangnya sih gantian, malem ini dia dikasur sama temen satunya lagi, besok gantian saya, tapi nyatanya saya gak pernah dibolehin tidur dikasur,saya suruh tidur dilantai tiap malem, hmmmm tapi terima ajalah, namanya juga lagi nebeng ya kan???

Eh balik ketopik ah, jadi ketika saya selesai kuliah dan diangkat jadi karyawan di perusahaan ini, saya baru tau kalo orang tua saya punya utang yang sekarang totalnya sekitar 40jutaan..waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaawwwwww koprol deh guwe yaaahh..itu 40jt duit semuahhh??apa campur daon??? tapi ya mau gimana lagi, abang-abang saya aja belum pada mapan, yang punya kerjaan tetap cuma saya..ya wes awal dapet gaji itu saya beli motor second, itupun nyicil, dan gaji kerja saya selama 5 tahunan itu dipake buat nutup semua utang ortu saya, utangnya ternyata juga bukan cuma ke bank itu masi ada banyak (mungkin utang ini yang dulu dipake buat nyekolahin saya dan abang-abang saya) alhamdulillah selama 5 tahun ini udah bisa ngambil sertifikat rumah yang dipake buat jaminan di bank. Sudah bisa renov sedikit rumah ibu, biar gak bocor dan kerja bakti lagi pas hujan deres, dan yang jelas biar tuh rumah gak roboh pas kita tempati, soalnya itu rumah udah tua banget, alhamdulillah juga saya berhasil meneruskan pendidikan dan sekarang udah sarjana , walopun prosesnya puanjaaannggg dan banyakan sakitnya daripada senengnya, hihihi

Intinya selama 5 tahunan ini udah ngentasin keluarga lah, biarpun saya tiap tanggal gajian malahan nangis kejer karena ternyata seletelah gaji dipotong ina inu saldonya cuma cukup buat makan sebulan, itupun makannya yang murah-murah aja, seneng lah biarpun gak bisa pake gadget sebagus temen-temen, gak bisa pake baju dan tas branded kaya temen-temen, saya mikirnya "pasti ada kok saatnya kayak gitu" tapi nanti, setelah keluarga saya mentas..

Intinya sih pengin bilang, gak semua anak bontot/anak ragil itu selalu jadi anak manja yang keemasan,,,kadang anak bontotpun malah bisa jadi tulang punggung keluarga,  anak bontot bisa jadi adalah anak yang paling bisa belajar dari pengalaman kakak-kakaknya, dan gak jarang anak bontot malah pemikirannya jauh lebih dewasa ketimbang kakak-kakaknya...ada sih sisi manja anak bontot, tapi gak semua anak manja itu lemah loh...manja bukan berarti lemah, manja itu cuma karena kita pengin dapet perhatian dan kasih sayang lebih, bukan karena kita LEMAH!!!

No comments:

Post a Comment