Wednesday, 17 June 2015

Saya Tidak Suka Puasa

Marhaban Yaa Ramadhan,
Selamat menunaikan ibadah puasa sodara  muslimku, alhamdulillah masi diberi kesempatan untuk merasakan ramadhan tahun ini, ngomongin masalah puasa, ada gak si diantara kalian yang suka banget atau gak suka banget dengan datangnya bulan suci penuh berkah ini?

Saya amati sebagian besar orang selalu terlihat sangat bahagia dan menyambut ramadhan dengan penuh sukacita, karena konon katanya bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, semua amal ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya pada bulan ini..fyi media pengamatan saya itu dari status BBM , fesbuk, instagram dan sosmed lainnya, u know ya kita hidup dijaman dimana sekarang orang minta maaf lewat medsos, orang ngucapin segalaanyaaa bisa lewat status di medsos (termasuk saya, hihihi).

Sebagian orang muslim taat selalu merasa bahagia, bahkan ada yang sampe nangis-nangis bahagia menyambut datangnya ramadhan, bulan yang selalu di rindukan kedatangannya dan ditangisi kepergiannya... Namun  bagi muslim kurang taat seperti saya, saya memilih diam dan menikmati setiap proses berjalannya bulan ramadhan ini.

Kalo ditanya seneng gak pas bulan ramadhan? saya jawab seneng-seneng aja,,dibulan ini banyak momen-momen yang cuma setahun sekali dijalani, contohnya setiap ibadah sekecil apapun yang kita lakukan  bangun sahur jam 03.00 pagi, shalat tarawih, ngabuburit, dan segudang menu-menu ala ramadhan seperti kolak dan apa ya??itu aja si, kok pake dibilang segudang,wkwkwk

Tapi ketika saya ditanya seneng gak berpuasa??saya jawab "ga seneng"..bukan saya ini orang yang tidak tau agama, tapi setidaknya saya berusaha jujur bahwa saya tidak suka puasa, biarpun puasa memiliki segudang manfaat, tapi bagi saya menahan lapar dan haus itu sangat tidak enak, lemes, padahal saya harus kerja dan ngurus anak. Saya capek dong kalo harus ber munafik ria,,ngakunya seneng banget puasa tapi kelihatan banget menderita karena kelaparan, hahaha.

Menurut hemat saya, Allah mewajibkan puasa karena puasa itu tidak enak,,kalo enak mah ngapain diwajibin, gak usah diwajibin juga udah dijalanin, ya ga si??? Justru karena gak enak itu bisa dijadikan indikator sejauh mana tingkat ketaqwaan seseorang kepada Tuhannya. Saya jelas tidak suka puasa, tapi mau menjalankan puasa karena saya sadar itu merupakan suatu kewajiban.. Sebagai manusia sudah wajib hukumnya menjalankan semua perintah dari Tuhannya. Tentunya harus dilandasi dengan hati yang ikhlas, supaya ibadah bisa berjalan dengan lancar. Dan dilarang menghakimi kalo saya ini puasa karena terpaksa loh, saya mau kok puasa, karena saya punya agama, kepercayaan, dan yang jelas saya punya Tuhan yang saya yakini selalu menuntun ke jalan yang benar. Allah memerintahkan berpuasa bukan karena gak ada tujuan kan,,pasti ada banyak tujuan dan manfaat buat kita :)...

Jadi, kalo disuruh jujur...kamu suka puasa gak?hehehehe

Sekali lagi, selamat menunaikan ibadah puasa ya man teman...tetap semangat!!!

No comments:

Post a Comment