Tuesday 16 December 2014

Mas Arka Sakit =(

Aduuuuuuuhhhhhh musimnya beneran galau banget yah...panas,ujan, panas ujan, belum kelar panas udah ujan..gak enak banget perasaan dibadan ini..
Seringnya perubahan cuaca dari panas ke hujan bisa membuat tubuh menjadi rentan terkena beberapa penyakit. Seperti demam, flu, sakit tenggorokan dan lainnya. Hal ini terjadi karena seringnya perubahan cuaca dari panas ke hujan membuat sistem kekebalan tubuh menurun secara drastis, ynag membuat virus-virus penyakit masuk dan menyebar dengan mudah.
Dan ini waktunya siaga untuk para ibu-ibu yang punya anak kecil, cuaca kayak gini sering bikin anak sakit, udah lihat beberapa status teman yang mengeluh anaknya sakit, ya demam, ya diare, ya batpil, haduhhhh jadi takut.
Dan beneran yah,,hari rabu kemarin mas arka udah menunjukan tanda-tanda ngga enak badan.

Rabu 10 Des 2014
Badan arka mulai anget nih, tumben tumbenan bayi ini suhu badannya naik padahal dari usia 0 bulan dia gak pernah anget sekalipun. Ambil termometer trus kempitin deh diketek arka, angkanya 37,5 derajat, dalam hati berpikir oh masi segini masih aman kok.
Sepulang kantor dapet laporan kalo arka hari ini uda pup 7x...hossshhhh ciyusan 7x???? *mulai khawatir* tapi tetep berpikir positif berharap besok arka uda membaik


Kamis 11 desember
Alkhamdulillah udah gak anget tapi baru jam 7 uda pup 2x , uda mulai khawatir lagi nih, terus jam 12 siang mas arka udah pup 4x, langsung aja deh bawa arka ke RS permata medika kebumen. Kebetulan RS ini yang paling deket sama rumah, jaraknya gak sampe 500m, penginnya si ke dokter anak, tapi jam segini dokter praktek udah -ada tutup, jadi ya terpaksa nyari dokter umum aja. Cuzz ke RS ditemani tante..untung ada tantenya arka yang bantuin,,bersyukur banget deh, makasi ya tante iwu..


Arka siap-siap mau ke RS, udah mulai kelihatan lemes dan matanya berkantung kalo bahasa jawanya Celong


                                                             3L...Lemas Lunglai Lemah


 Disini pemandangan aneh mulai terjadi, perasaan dirumah arka itu kalem bgt, lemes, mau diledekin kayak gimana paling banter cengar cengir doang, lah pas di cek kondisinya sama mas perawatnya kok ya ketawa ketiwi gak jelas kayak lg nyari perhatian gitu,hadeehh mas arka *lirik pake mata sadis*


                                                    Abis selesai di periksa lagi nunggu obat

Pas diperiksa dokternya gak sempet saya foto, soalnya malu, xixixixi....tapi yang jelas dokternya gak recomended nih ah,,gak jelas gitu penjelasannya, malah lebih banyak marahin saya karena gak kasi ASI...jadinya ya malah panjang lebar ceritain tentang gimana kronologi saya gak bisa nyusuin, dan ujung-ujungnya lupa mau nanya apa yang sebenernya terjadi *hmmmppptttttttttt*

Jumat, 12 Desember 2014
Sejak pulang dari dokter sampe malam mas arka pup lagi 2x, tapi tetep dong berpikir positif, mungkin aja obatnya belum ber reaksi. trus pas jam 4 pagi hari jumt mas arka pup lagi, abis beresin pupnya dia, eh ada sms masuk, sms dari bulik saya (yang ngurus arka) isinya kurang lebih kasih tau kalo dari semalam udah gak enak badan, buang-buang air terus, pusing, gak bisa berdiri lama,,haduhh pikiran langsung kalang kabut..akhirnya mulai deh saya menggantikan tugas bulik, mulai dari cuci botol arka, cuci piring, cuci baju, nyapu, ngepel, masak, daaaaann dari jam 04.00 sampe jam 07.30 belum kelar (ketauan banget kerjanya lelet, hahahaha) padahal lama karena mas arkanya rewel terus..

Udah kalut banget karena ini kan hari kerjaaaa...gak bisa cuti karena cuti tahunanku udah hangus oleh cuti melahirkan. Akhirnya dengan sangat terpaska ijin masuk siang, mudah-mudahan atasan saya ngerti, ini keadaan darurat. Tepat jam 07.30 mulai nyari dokter disekitar rumah kontrakan yang buka pagi-pagi..kesana kemari ke 2 dokter ternyata udah tutup semua, karena jam praktek pagi itu jam 06.00 - 07.00 WIB..
Akhirnya untuk ke 2 kalinya kembali saya ke RS permata medika untuk nganterin bulik ke periksa ke dokter..Laaaaluuuu bagaimana dengan mas arka? yaahhhh dengan sangat terpaksa saya titipin ke tetangga sebelah. Maafin mama ya sayang, lagi sakit malah dititipin ke tetangga, bukan mama sengaja, tapi memang keadaan yang memaksa nak, mama gak mau bulik sakit sehingga gak bisa ngurus kamu nak.
Maafin mama ya...karena mama harus bekerja jadi gak bisa sepenuhnya merhatiin kamu, salahin mama aja nak,salahin terus...memang mama yang salah. lebih mentingin kerjaan dari pada kamu, semoga suatu saat kamu bisa ngerti, mama mencari uang tidak lain untuk membuat kehidupanmu lebih baik nak, baik dari segi pendidikan dan baik dari segi sosial..

Selesai antar bulik ke dokter terus baru inget , jumat ini kan jadwal bulik pulang kampung...*makjlebbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb* kayak dipukul pake kebo sak kandang-kandangnya...sakittttttnya tuhh disiniiiii,,hiks hiks..papaahhhhhhhhhhhhhhh aku kudu gimanaaaaaa....sedangkan cuacanya lagi gerimis mulu,,,gak mungkin kan bawa arka ke kantor naik motor pula...dan yang pasti malu donngg kalo harus ijin lagi pulang gasik, udah ijin berangkat siang masi aja minta ijin balik gasik.euuhhh tambah pusingggggggg...tapi ya mau gimana lagi, ajakin arka kekantor juga masi mikir, takut dia pup terus dikantor, dan yang jelas gak bisa ngapa-ngapain akunya di kantor. sempat berpikir nitipin arka lagi,  tapiii tapii tapii hatiku tak sanggup, dan lidahku keluuu,,heu heuuuu gak mau,,,gak mau nitipin arka ke orang lain lagi *njerittt sekeras-kerasnya*. ya sutrah..akhirnya dengan segenap rasa malu saya ijin lagi deh pulang gasik, untung atasan saya baik, dan mau mengerti kondisi saya. case is closed!!!!

Tapi sebenernya gak sampe disitu, karena sabtu pagi arka masi aja terus buang-buang air, kali ini jumat malam papah udah pulang, sabtu pagi langsung cuzz ke dokter spesialis anak, udah ngurus itu ini, terus masuk deh ke ruang pemeriksaan dan ternyata arka udah mulai dehidrasi apaaaaaaaaaahhhhhhhhh dehidrasii *berasa di cekik gorila* udah mau nangis aja rasanya...tapi tetep kudu kelihatan anggun, masa iya mau nangis guling-guling di dalem ruang dokter. dan dokter saranin untuk opname, masyaAllah...apalagi sih ini..darah berasa turun semua ke kaki,,lemessssshhhh...tapi saya menolak, kasian arka kalo harus urusan ama yang namanya jarum suntik, gak bisa bayangin deh pokoknya...pokonya gak mau kalo arka opname.
Ya udah, terusan gak papa kata dokternya, tapi kudu tanda tangan pernyataan gak mau diopname, terusan akhirnya cuma dikasi obat dan disarankan ganti susu untuk sementara, cari yang free lactosa,
Atas rekomendasi dokter suruh pake yang ini aja, selain free lactosa, harganya pun lumayan terjangkau,,emang lebih ekonomis dari susu arka yang biasa, biasanya arka pake susu M******a B*T P******m. Karena mas arka emang gak dapet ASI eksklusif, jadi ya cuma bisa dikasi sufor aja sebagai sumber makanan utama dia, sekali lagi maafin mama ya nak.

Minggu, 14 Des 2014
Seneng banget mas arka udah mulai membaik, frekuensi pupnya udah mulai berkurang, dan udah gak kelihatan lemes lagi karena emang saya paksa minum oralit minimal 250ml sehari, dan dibanterin minum susunya supaya gak dehidrasi. Dan ini dia penampakan mas arka lagi main sama papahnya..*kiss kiss*


Dear Papah, makasi yah..udah bantu mama akhir-akhir ini, dibela-belain cuti juga hari senin biar bisa mantau kondisinya arka, maafin mama ya kalo ternyata selama ini mama urus arkanya belum bener, sampe-sampe arka bisa sakit kayak gini, mama cuma mau bilang, mama uda kasi yang paling maksimal, segalagalanya udah maksimal, ya segini ini kemampuan maksimal aku dan segini ini yang bisa aku persembahkan untuk arka dan keluarga kita, hidup dan mati aku sudah aku peruntukan untuk kalian berdua,,,sedikit apresiasi darimu itu sangat berharga untukku, dan sedikit cela darimu bisa meremukkan hatiku.

Sekali lagi maafin mama ya nak, maafin aku ya pah...












No comments:

Post a Comment