Sunday 25 January 2015

Ketika Itu...

Ketika itu...hujan turun dengan deras, dan langit mulai gelap
Ketika itu..arka mulai lemas, namun dia tetap terlelap
Ketika itu..Aku sendiri, tiada yang menemani
Ketika itu..kuberanikan diri
Ketika itu..kuambil payung dan mulai berjalan menyusuri hujan
Ketika itu..hujan mulai membasahiku tapi aku tetap bertahan
Ketika itu..langit sungguh sangat gelap dan menakutkan
Ketiku itu..aku tak punya pilihan
Ketika itu..antrian yang ke dua belas
Ketika itu..aku melihatnya, sungguh terlihat melas


Sebenernya itu bukan puisi, kemarin itu sungguh momen yang bikin remuk hatiku..jumat ini mbahnya arka ijin pulang kampung karena tante resdong pas lagi balik dari perantauannya di Cikarang. Tapi kali ini saya gak bawa arka ke kantor usai istirahat siang, selain karena kamis kemarin udah ijin masuk siang karena mas arka sakit, juga karena mas arka kondisinya belum fit benar, jadi mbah yang biasanya pulang jam 13.00 sekarang jadi pulang jam 15.30 karena nunggu saya pulang dari kantor.

Pukul 16.00 mas arka makin kelihatan lemes, tapi bingung juga mau ke dokter, karena lagi hujan deras, kepikiran si mau minta tolong temen kantor untuk anterin ke dokter,, tapiiii jumat itu temen-temen pada mudik..galau bilau, bingung, mau minta tolong tetangga juga gak ada yang bisa nyetir, mau nyari becak juga gak ada, kalo ada pun jauh manggilnya. Kalo ke dokter sendiri juga pasti repot, kudu bawa peralatan tempurnya mas arka, bawa dot, bawa susu, bawa termos isi air panas, bawa pampers karena takut pup terus, bawa tissu basah, tissu kering, baju ganti, udah gitu gendong sendiri, alaaahhh rempong deh mikirnya.

Tapi terus makin galau takut malam makin larut dan mas arka gak kunjung membaik, akhirnya ngumpulin keberanian, siap-siap terus langsung menuju RSKIA, yang kebetulan sore itu dokter wahyu yang praktek,,bawa ubo rampenya mas arka, pake tas gendong yang beratnya hampir sama dengan Berat badannya mas arka.

Hujan masi mengguyur kebumen dan sekitarnya, tidak terlalu deras, tapi cukup untuk membasahi sekujur tubuh (kalo gak pake payung, hihi)..anginnya udah mulai dingin, gelapnya uda kerasa, hampir seperti diselimuti kabut. Gluduknya mak jegerrrrr!!!! tapi mau gimana lagi, semua demi arka..mulailah saya berjalan menyusuri hujan, jalannya sepi...sesekali ada motor lewat dan craaaaaaaakkkkkkkkkk kecipratan *nangiskejer*. Arka didalam gendongan monyet selalu memandang ke arahku, mungkin dalam hatinya sedang meminta maaf *maafin arka ma, mama jadi harus jalan kaki untuk nganter arka kedokter,hujan-hujan begini, harusnya kita lagi kruntelan dikasur sama papah* its oke nak, itulah gunanya ibu, mejagamu, merawatmu, memenuhi segala kebutuhanmu.

Sekitar 1Km sudah saya berjalan menyusuri hujan ditemani kabut yang mulai turun, dan udara yang semakin mendingin akhirnya sampai juga di RSKIA, mulai daftar dan nunggu, dapet antrian nomor 12, padahal udah hampir jam 6 dan dokternya belum datang, molor sekitar hampir satu jam dari jadwal prakteknya, biasanya jam 17.00 udah mulai praktek.

Arka nunggu dalam kegelisahan, mungkin badannya gak enak..gak mau diajakin duduk, maunya digendong terus,sambil sesekali meringik, mungkin perutnya sakit. Jam 19.45 terdengar dari mikrofon "Amatya Arka" Alkhamdulillah penantian panjangnya berakhir, ngobrol ngalor ngidul, priksa sana sini, yang berujung dapet resep yang kudu diambil diapotik sebelah, untung diapotik sebelah, bingung kan kalo kudu tebus diapotik yang jauh.

Sampe di apotik, masi ngantri lagi, antrian yang sama dengan tadi di dalem rumah sakit, anak ini sudah makin gelisah, mungkin dia ngantuk waktu sudah menunjukan pukul 20.10...dia tidak berhenti memandangku sambil meringik, kemudian momen yang paliiingg palinngg merontokan hatiku terjadi, dia pegangan kenceng ke bajuku, bibirnya mulai mewek-mewek tapi tak bersuara, air matanya deras mengalir melalui mata indahnya, ya Tuhaannnnnnn...kesekian kalinya pria kecil ini merontokkan hatiku, bukan karena menyakiti dengan sengaja tentunya, tapi sepertinya dia ingin menyampaikan, maa sakit maaa..badan kaka gak enak, kaka ngantuk, kaka sakit maaa...

ya Allah....trenyuhnya hatiku..hujan-hujan becek gak da ojek, jalan sejauh 1km kecipratan motor lewat pula, masi bisa aku terima, mulai gak bisa terima itu pas ngantri mau diperiksa ngelihatin anak-anak lain dianter bapaknya, ibunya, sampe kakek nenek dan tantenya..sedangkan arka????ayahnyapun gak ada..iyaaaa hanya aku dan arka seorang, kami berdua, dan mata-mata disekitar kita masih memandang aneh, meriksain anak kok sendiri??suaminya kemana???? laluuuu melihat dia menangis tak bersuara dengan linangan air mata yang membanjiri pipinya..Ya Tuhaaaaaaaaannnnnnnn pengen banget teriak..maafin mama nak...kamu jadi tidak bisa seperti anak-anak lain..kamu cuma punya mama saat ini..dan kamu cuma bisa mengekspresikan kesakitanmu ke mama..semoga kamu ngerti sayang..papah lagi kerja jauh disana...tidak lain dan tidak bukan untuk kita..bukan untuk siapa-siapa.

Sepulang dari dokter terus arka tertidur pulas, aku mandi, pas ngaca ternyata bahu kiri lecet karena nggendong arka dari sore ampe malem, kurang lebihnya hampir 4 jam, tanpa berhenti,,kalo lagi kayak gini krasa banget "coba ada papah"...mungkin gak akan setragis ini...Cepet ngajuin pindah ya pah..biar bisa kumpul lagi..

No comments:

Post a Comment